UKT Naik!! Muncullah Hutang Pelajar atau Student Loan

UKT Naik, berita yang cukup meramaikan jagad dunia maya akhir akhir ini. UKT naik ini bukan hanya terjadi di satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saja, akan tetapi ada beberapa PTN yang menaikkan UKT nya. Beberapa PTN tersebut adalah:

  1. UGM (naik sekitar 150ribu)
  2. UI (naik signifikan untuk diatas golongan 2)
  3. ITB
  4. IPB
Alasannya kenaikan inipun dikarenakan biaya operasional Perguruan Tinggi yang naik dengan adanya peningkatan kualitas pendidikan yang diatur oleh Permendikbud No. 2 Tahun 2024.

Atas dasar itulah, adanya diskusi tentang Pinjaman pelajar atau Student Loan. Nah dalam artikel ini kita akan membahas, apa sebenarnya student loan itu?

Student Loan adalah Pinjaman yang diberikan kepada mahasiswa atau pelajar untuk memberikan bantuan biaya pendidikan di Perguruan Tinggi atau Universitas.

Bagaimana cara kerja Student Loans? Aku berikan contoh di Amerika yaa?
Di Amerika ada dua bentuk student loans, ada hutang federal (diberikan oleh pemerintah) dan bentuk lainnya adalah private loans (diberikan oleh Bank atau pemberi kredit).

Student loan sendiri ketika melakukan pengajuan, harus ada penilaian dari lembaga tertentu untuk menilai kebutuhan pembiayaan serta eligibilitas peserta yang akan mengajukan student loan. Pemberian student loans ini di Amerika juga diawasi oleh Pemerintah karena pembayaran Student loans ini diatur oleh pemerintah dengan jangka waktu pembayaran 10 tahun setelah peminjaman dan bunga yang ditetapkan cukup rendah.

Sebenarnya Student loans sendiri memiliki banyak manfaat, yaitu
  1. akses ke pendidikan yang lebih tinggi lebih mudah
  2. Pembayaran fleksibel
  3. Bunga rendah

Akan tetapi, manfaat yang diterima oleh mahasiswa juga dibarengi dengan resiko yang harus ditanggung oleh pemiliki hutang. Hal ini dikarenakan:
  1. Mahasiswa atau penerima manfaat akan dibayangi oleh hutang di seumur hidupnya karena hutang pelajar ini bisa jumlahnya besar.
  2. Setelah lulus kuliah lalu bekerja, mahasiswa atau penerima manfaat student loan juga harus mempertimbangkan keuangan yang harus terpotong karena pembayaran student loan ini.
Bagaimana menurutmu? Apakah student loan bisa diterapkan di Indonesia? Jika iya, bagaimana mekanismenya agar tidk terlalu memberatkan penerima student loans?

Referensi:

Uswatun Khasanah, S.E., M.S.A.

Post a Comment

0 Comments